Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saat memasuki kota Lhokseumawe perlu menunjukkan kartu VACSIN, semua jalan di pembatas

 

mixagain - LHOKSEUMAWE - Ratusan personel gabungan, Polri, TNI, Satpol PP WH, BPBD, dan Dinas Kesehatan ikut menurunkan pasukan ke lapangan Hiraq sebagai persiapan kesiapan divisi di kota Lhokseumawe, Senin, Agustus / 2021).

Kapolsek Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto SIK MH mengatakan usai apel blokade melibatkan 500 personel gabungan yang akan bertugas di sejumlah titik.

Seperti diketahui, Kota Lhokseumawe saat ini berada di Zona Merah dan memberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari Level 3 ke Level 4.

"Peningkatan status ini karena kematian akibat COVID-19 terus meningkat. Dan hampir rata-rata jumlah orang yang meninggal karena Corona belum divaksinasi," kata Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto, kepada Serambinews.com. Senin (30/8/2021).

Untuk itu, kata Kapolres, tim Satgas Covid-19 Kota Lhokseumawe telah menyiapkan beberapa posko isolasi.

Yakni, posko utama, posko perimbangan, dan posko pantau yang berada di beberapa lokasi, ujarnya.

Sedangkan posko utama berada di simpang Jembatan Cunda Plaza, sedangkan posko pengawasan berada di sejumlah titik, yaitu pintu masuk Simpang Pantau Selat Malaka, Pos Pantau Tugu Rencong, Pos Pantau Simpang Taman Riyadah, Pos Pantau Depan Suzuya, Pos Pantau Simpang Caffe Red Light dan Pos Pantau KP3.

Kemudian untuk posisi pos kompensasi penyeberangan Loskala (depan jembatan) dan penyeberangan jembatan Cunda (Harun Mart).

Dikatakannya, Polres Lhokseumawe, Kodim 0103/Aut, dan Pemkot Lhokseumawe selain memberikan isolasi 24 jam, juga semakin meningkatkan vaksinasi kepada masyarakat.

Kemudian mereka yang bertugas di lapangan diharapkan dapat meningkatkan sikap manusiawi terhadap masyarakat.

Hari pertama penutupan lalu lintas jalan.

Pantauan di beranda lokasi, Senin (30/8/2021) di pintu masuk kota Lhokseumawe atau di Pos Induk Pemblokiran Level 4 PPKM, mobil dan Sepmor macet. Pasalnya, pintu masuk jembatan menuju Kota Lhokseumawe terhalang pagar kawat.

Personel Polri TNI dan Satpol PP dan WH berjaga-jaga dan meminta warga menunjukkan KTP untuk divaksinasi. Jika tidak, maka diinstruksikan untuk berbalik dan pulang.

Di sisi lain, petugas medis di posko utama juga tampak memperhatikan warga yang ingin divaksinasi di posko tersebut.

“Jadi ketika warga masuk Kota Lhokseumawe harus punya kartu vaksinasi, kalau tidak harus mengembalikan atau menunjukkan KTP. Kalau mau divaksin silahkan ke kantor pos,” kata Kapolsek Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto.

Seperti diberitakan sebelumnya, Satgas Covid-19 nasional menetapkan tujuh wilayah di Provinsi Aceh sebagai zona merah beberapa hari lalu. Salah satunya adalah Kota Lhokseumawe.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Lhokseumawe, Marzuki, Minggu (29 Agustus 2021), kembali menyatakan penetapan zona merah dilakukan oleh Satgas Covid-19 nasional berdasarkan indikator kesehatan masyarakat berdasarkan skoring dan pembobotan.

“Sedangkan indikator yang digunakan adalah indikator epidemiologi, kesehatan masyarakat dan lain-lain,” kata Marzuki.

Menurut Marzuki, rapat koordinasi dilaksanakan pada Jumat siang (27 Agustus 2021) untuk upaya yang akan dilakukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Lhokseumawe dalam percepatan penurunan status zona merah.

Beberapa hal diputuskan dalam pertemuan tersebut, di antaranya pembuatan tiang isolasi.

Dimana pos utama berada di Jalan Malaka yang merupakan pintu masuk utama menuju pusat kota Lhokseumawe.

Kemudian sejumlah posko bantuan di pintu masuk Kota Lhokseumawe dan di pusat Kota Lhokseumawe.

“Pintu masuk kota Lhokseumawe melalui simpang Los Kala akan diblokir. Satu-satunya jalan masuk ke kota Lhokseumawe adalah melalui Selat Malaka,” ujarnya.

Menurutnya, setiap warga yang masuk Kota Lhokseumawe harus menunjukkan surat vaksinasi selama berada di ruang isolasi.

"Kalau belum divaksin, berarti divaksin sementara," katanya.

Ia melanjutkan, pos blokir tersebut akan aktif pada Senin (30/8/2021) besok.

"Dimulai dengan apel bersama di Lapangan Hiraq pada pukul 8:00 WIB


Posting Komentar untuk "Saat memasuki kota Lhokseumawe perlu menunjukkan kartu VACSIN, semua jalan di pembatas"