Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arsene Wenger Telah Pergi, Tapi Arsenal Masih Punya Rasa yang Sama

 Sudah tiga tahun sejak Arsenal meninggalkan manajer legendaris Arsene Wenger. Namun, nilai-nilai yang ditanamkan Prancis tidak hilang.

Wenger mengakhiri karir kepelatihannya selama 22 tahun di Arsenal. Sejak itu, klub berjuluk The Gunners itu sudah dua kali berganti pelatih.

Unai Emery dinobatkan sebagai penerus dan hanya bertahan satu setengah musim. Manajemen Arsenal memilih Mikel Arteta sebagai penggantinya selama musim 2019/20.

Pergantian manajer ini tidak membuahkan hasil. Sebaliknya, hasil Arsenal justru menurun. Musim ini, mereka juga sempat menempati posisi terbawah klasemen sementara Liga Inggris.

Gulir ke bawah untuk membaca informasi lebih lanjut.

Fondasi yang dibangun oleh Wenger

Tak heran banyak yang mengira kepergian Wenger menjadi penyebab turunnya performa Arsenal. Beberapa orang berpikir Arsenal tidak lagi sama seperti dulu.

Namun Arteta tidak setuju dengan pendapat tersebut. Menurut pria berdarah Spanyol itu, nilai-nilai yang ditanam Wenger di Arsenal tidak pernah pudar sedikit pun.

“Saya pikir fondasinya masih ada [untuk kesuksesan masa depan], karena orang-orang seperti Arsene dan apa yang telah dia lakukan untuk tim sepak bola ini,” katanya kepada Sky Sports.

"Ketika dia pergi tidak semua orang pergi bersamanya. Banyak yang bertahan. Saya pikir hal terbesar yang tersisa adalah cara dia mendidik dan menyampaikan nilai dan rasa hormat untuk klub ini."

Situasi sulit

Nilai-nilai inilah yang coba dipertahankan Arteta yang kerap menjadi sasaran kritikan publik akibat kesuksesan Arsenal belakangan ini. Banyak yang mempertanyakan kemampuannya sebagai suksesor Wenger.

"Kami berada pada waktu yang berbeda dalam sejarah kami. Setiap klub harus menempuh jalan yang berbeda dan kami telah melalui 18 bulan terakhir dengan situasi Covid yang sangat besar karena ketidakstabilan besar di dalam klub selama dua atau tiga musim terakhir."

"Sulit untuk memperbaiki dan membangun sesuatu yang luar biasa secara tiba-tiba, tapi saya yakin ini harus terjadi. Kami harus mengalami ini untuk membuat diri kami lebih kuat," tambah Arteta lagi.

"Saya merasa sesuatu sedang terjadi di sini, dan saya bisa merasakan apa yang terjadi dengan para penggemar, dengan generasi pemain yang kami miliki di sini, dengan semua orang yang terlibat dalam organisasi. Saya pikir itu akan sangat kuat."

Posting Komentar untuk "Arsene Wenger Telah Pergi, Tapi Arsenal Masih Punya Rasa yang Sama"