Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Masak Ayam Tanpa Presto agar Cepat Empuk dan Matang, Bisa Hemat Gas

Cara memasak ayam agar cepat empuk dan tanpa pressure cooker salah satunya menggunakan cara memasak 5-30-7. Metode 5-30-7 digunakan untuk memasak makanan tertentu yang dikatakan hemat gas karena waktu memasak yang relatif singkat meski tanpa pressure cooker.

 Beberapa jenis makanan yang bisa diolah dengan cara ini adalah daging sapi, kacang hijau, kikil, jeroan, ceker ayam, nasi lontong atau ketupat, dan lain-lain.

Menurut Executive Chef Aprez Catering oleh Amuz Group Stefu Santoso, metode memasak 5-30-7 belum tentu berhasil saat memasak daging sapi. Namun, untuk memasak daging ayam, cara ini bisa dicoba.

“Ayam bisa menggunakan cara ini. Airnya mendidih, lalu kita masukkan ayamnya, tutup panci, matikan apinya,” kata Stefu atas permintaan , Sabtu (1/5/2021). Setelah api dimatikan, biarkan ayam selama kurang lebih 30 menit. -45 Diamkan di wajan selama beberapa menit. 

Waktu memasak akan bervariasi tergantung pada jenis dan porsi ayam yang Anda gunakan. Anda tidak perlu menggunakan panci presto karena ayam relatif empuk dan matang lebih cepat daripada daging merah.

Untuk memasak ayam menggunakan metode 5-30-7, caranya cukup sederhana sebagai berikut: 

  • siapkan panci yang cukup untuk memasak ayam. Jika Anda memasak ayam utuh, gunakan panci yang cukup besar. 
  • Isi dengan air hingga sedikit penuh, lalu masak hingga air mendidih. 
  • Setelah itu, masukkan ayam yang sudah dibumbui (garam, merica, dll) ke dalam air mendidih. Anda juga bisa menambahkan bumbu dan rempah-rempah lainnya untuk menambah rasa pada ayam. 
  • Masak ayam selama lima menit. 
  • Matikan kompor, tutup panci dengan rapat. 
  • Biarkan ayam dalam panci selama 30 menit. 
  • Nyalakan kembali kompor, masak ayam selama kurang lebih tujuh menit.
  • Pastikan panci selalu tertutup rapat agar ayam matang sempurna.

Ayam yang empuk dan matang sempurna memiliki suhu sekitar 70-72 derajat Celcius. 

Saat ditusuk dengan pisau atau garpu, akan menghasilkan air putih yang jernih. Jika air yang keluar dari daging masih berwarna merah, berarti ayam belum matang. 

Posting Komentar untuk "Cara Masak Ayam Tanpa Presto agar Cepat Empuk dan Matang, Bisa Hemat Gas"