5 Manfaat Sarapan untuk Kesehatan Tubuh patut diketahui

 Makan di pagi hari merupakan salah satu rutinitas yang umumnya dilakukan sebagian orang namun sebagian lainnya tidak. Ada yang mengira belum terbiasa sarapan, ada juga yang mengaku sedang diet. Meski pelaku diet harus tetap sarapan, karena ada manfaat sarapan bagi kesehatan tubuh yang harus diketahui.

5 Manfaat Sarapan untuk Kesehatan Tubuh patut diketahui

Tahukah Anda bahwa sarapan dapat menjadi sumber energi yang baik untuk mempersiapkan Anda menjalani aktivitas hari itu. Ibarat mobil, kita juga membutuhkan bahan bakar untuk memulihkan tenaga setelah tidur malam yang panjang sehingga perut kosong. Oleh karena itu, baik orang dewasa maupun anak-anak dianjurkan untuk sarapan sehat di pagi hari.

Mau tahu apa saja manfaat sarapan bagi kesehatan? Kita ikuti pembahasannya pada informasi di bawah ini.

1. Melindungi tubuh dari penyakit

Di zaman sekarang ini banyak sekali jenis penyakit, dari yang ringan sampai yang berat. Untuk mencegah penyakit, diperlukan perlindungan tidak hanya dari luar tetapi juga dari dalam. Caranya adalah dengan sarapan pagi dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Mereka yang sarapan di pagi hari cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada mereka yang melewatkannya.

2. Membantu menurunkan berat badan

Beberapa orang saat ini yang sedang berusaha menurunkan berat badan juga melewatkan sarapan. Padahal sarapan sendiri bermanfaat dalam membantu menurunkan berat badan. Dengan sarapan, kita tidak akan terlalu lapar di siang hari, sehingga keinginan untuk makan berlebihan bisa diminimalisir. Saat melewatkan sarapan, Anda mungkin lebih mudah tergoda untuk makan makanan lain yang tinggi kalori tetapi tidak membuat Anda kenyang.

3. Lebih perhatian

Manfaat sarapan selanjutnya adalah membuat kita lebih fokus dan produktif di tempat kerja atau sekolah karena perut sudah kenyang. Jika Anda tidak sarapan, kemungkinan konsentrasi Anda akan terganggu dan tingkat kemampuan berpikir Anda akan turun. Akibatnya pekerjaan yang dilakukan tidak maksimal. Karena itu, terutama saat ada acara penting seperti rapat, ujian, dll, pastikan Anda tidak melewatkan sarapan.

4. Meningkatkan suasana hati

Sarapan di pagi hari juga memiliki manfaat meningkatkan suasana hati yang baik. Jika Anda merasa lebih mudah marah dan marah hari ini, coba periksa apakah Anda sudah sarapan atau belum? Jika tidak, bisa jadi karena perut Anda lapar. Oleh karena itu, biasakan untuk sarapan di pagi hari agar mood lebih baik dan terhindar dari stres di pagi hari.

5. Memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh

Tahukah Anda jika tidak sarapan, kebutuhan harian tubuh akan nutrisi dan vitamin akan sulit terpenuhi. Padahal menurut penelitian, orang yang makan di pagi hari lebih berpeluang untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya secara keseluruhan, baik itu untuk kalsium, serat, vitamin A, B, C dan berbagai vitamin lainnya.

Uraian di atas merupakan informasi lengkap mengkaji manfaat sarapan pagi yang perlu Anda ketahui. Setelah Anda mengetahui dan memahami manfaat sarapan yang bisa Anda dapatkan, jangan sampai melewatkan waktu sarapan. Konsumsi makanan dan minuman yang bergizi untuk menunjang aktivitas produktif sepanjang hari. Saya harap ini berguna.

0 Comments