Alexia Putellas, gelandang Barcelona yang memenangkan Ballon d'Or . wanita

kabaris.com - Bintang Barcelona Femeni Alexia Putellas dinobatkan sebagai pemenang Ballon d'Or 2021.

Putellas adalah satu dari lima pemain Barcelona yang masuk dalam daftar nominasi karena sukses mengantarkan Blaugrana meraih triple winner musim lalu.

Setelah Putellas sukses mengantarkan Blaugrana menjuarai Liga Spanyol, ia juga berhasil membawa Barcelona Femeni ke Liga Champions dan Copa de la Reina.


Performa Putella di musim 2020/2021 memang spektakuler. Ia dianggap sebagai gelandang paling produktif di Eropa dengan koleksi 26 gol di semua kompetisi.


Rekor gemilang Putellas bersama Barcelona membuatnya sukses saat mengalahkan rekan setimnya Jennifer Hermoso yang harus puas di posisi kedua dan striker Chelsea Sam Kerr di posisi ketiga.


Selain itu, pemain sepak bola berusia 27 tahun itu sukses menyabet status UEFA Player of the Year dan Best Midfielder of the Year.


Dalam sebuah acara gala di Paris pada Selasa (30 November) dini hari WIB, dia berbicara melalui seorang penerjemah dan mengaku sangat emosional dan menyebut kesuksesannya sebagai upaya kolektif.


"Saya sangat emosional dan momen yang sangat spesial. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua rekan satu tim saya saat ini di Barcelona. Bagi saya ini adalah kesuksesan bersama," kata Putellas, dikutip dari Sky Sports.


Dua edisi sebelumnya, Ballon d'Or wanita, diberikan kepada striker Norwegia Ada Hegerberg (2018) dan striker AS Megan Rapinoe (2019).


Sedangkan peraih penghargaan Ballon d'Or putra diraih oleh Lionel Messi yang kini berseragam Paris Saint Germain.


Daftar Women's Ballon d'Or:

1. Alexia Putellas (186): Barcelona/Spanyol

2. Jennifer Hermoso (84): Barcelona/Spanyol

3. Sam Kerr (46): Chelsea/Australia

4. Vivianne Miedema (46): Arsenal/Belanda

5. Lieke Martens (40): Barcelona/Belanda

0 Comments