Cara Memperbaiki Jam Tidur untuk Memperoleh Tubuh Bugar di Pagi Hari

Tubuh yang bugar di pagi hari adalah dambaan setiap orang. Namun, tidak semua orang bisa merasa bugar di pagi hari. Mengapa? Salah satu penyebabnya adalah pola tidur yang tidak teratur seperti begadang yang mempengaruhi kualitas tidur. Oleh karena itu, mulai sekarang Anda perlu mengetahui cara memperbaiki jam tidur Anda untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat di pagi hari.

Beberapa orang mungkin mengalami kesulitan mendapatkan kualitas tidur yang baik. Beberapa mengalami kesulitan tidur meskipun berusaha memejamkan mata. Kamu juga? Padahal, cara mengatasi sulit tidur bisa dimulai dengan cara yang sederhana. Mungkin penyebab insomnia Anda adalah kebiasaan buruk yang sering dilakukan sebelum tidur.

Berbagai kebiasaan buruk yang dilakukan sebelum tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur. Jika ritme tidurnya kacau dan tidak teratur, bisa dipastikan kesehatan tubuh juga akan menurun. Akibatnya kamu akan lebih mudah sakit, kamu tidak akan fit, malas melakukan aktivitas sehingga tidak produktif. Untuk menghindarinya, Anda harus mengidentifikasi penyebabnya dan mencoba memperbaikinya.

Di bawah ini kita akan membahas cara dan tips memperbaiki jam tidur sebagai salah satu faktor untuk mendapatkan tubuh yang bugar di pagi hari. Kami melihat.

Cara Memperbaiki Jam Tidur untuk Memperoleh Tubuh Bugar di Pagi Hari

1. Jangan menggunakan perangkat elektronik

Sebagian orang, terutama anak muda, menggemari bisnis bermain perangkat elektronik. Bahkan dalam kehidupan mereka, penggunaan teknologi perangkat elektronik sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan. Sebenarnya menggunakan perangkat elektronik seperti ponsel Android atau smartphone memiliki banyak manfaat, tetapi jika Anda tetap menggunakannya bahkan sebelum tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda.

Mengapa perangkat elektronik dapat mengganggu kualitas tidur? Karena perangkat elektronik dapat membuat kita sangat kecanduan sehingga kita akhirnya menunda waktu tidur dengan segera. Beberapa orang bahkan lebih suka bermain dengan gadget dan begadang. Oleh karena itu, sebaiknya atur waktu untuk mematikan perangkat elektronik dan langsung tidur.

Tak hanya itu, cahaya dari perangkat elektronik yang kita gunakan juga dapat memperlambat produksi hormon melatonin dalam tubuh. Padahal hormon ini memiliki fungsi biologis mengatur jam tidur.

2. Hindari makan sebelum tidur

Suka makan atau ngemil sebelum tidur? Makan atau ngemil sebenarnya tidak dilarang, tapi makan sebelum tidur ternyata bisa mempengaruhi kualitas tidur Anda. Karena beberapa jenis makanan yang dikonsumsi bisa membuat perhatian tubuh berubah.

Misalnya, Anda makan makanan seperti pizza, kafein, sereal manis, cokelat hitam, atau bahkan soda sebelum tidur, sehingga tubuh Anda akan lebih fokus makan daripada istirahat. Jadi bagaimana Anda mengatur waktu makan malam dan waktu tidur? Dianjurkan untuk membatasi atau membiarkan istirahat sekitar dua jam sebelum tidur.

3. Buat lingkungan tidur menjadi nyaman

Selain dua hal yang disebutkan di atas, sebenarnya ada banyak hal yang tanpa disadari dapat mempengaruhi kualitas tidur kita yang tidak teratur. Beberapa di antaranya adalah suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin, kebisingan, bau yang tidak sedap, terlalu terang atau gelap, dan banyak lagi lainnya.

Nah, untuk mendorong tidur nyenyak, cobalah untuk membuat lingkungan tempat tidur Anda lebih nyaman. Coba perhatikan berbagai faktor yang bisa mengganggu tidur Anda. Misalnya, atur suhu ruangan yang nyaman untuk diri sendiri, matikan TV dan jauhkan perangkat elektronik lainnya, atau Anda juga bisa menggunakan masker untuk menutup mata.

4. Lakukan latihan ringan

Kita sudah sering mendengar olahraga dengan manfaatnya untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Namun secara tidak langsung, olahraga juga dapat memperbaiki jam tidur kita yang tidak teratur. Umumnya, saat kita bangun, rasa ngantuk yang kita rasakan akan segera hilang. Namun, beberapa orang tidak bisa langsung bangun, tetapi harus terlebih dahulu mendapatkan kesadaran, sehingga mereka bisa bangun dari tempat tidur dan mulai melakukan aktivitas.

Nah, Anda bisa mencoba memanfaatkan waktu setelah bangun tidur untuk lebih meningkatkan kebugaran Anda dengan melakukan olahraga ringan. Tidak butuh waktu lama, Anda hanya perlu melakukan gerakan sederhana seperti meregangkan kepala, tangan, dan tubuh. Tahukah Anda, meski sederhana, tips ini berpengaruh baik untuk membuat tubuh siap beraktivitas dengan semangat.

5. Minum air setelah bangun tidur

Selain itu, sebagai saran sehat yang harus diikuti, juga konsumsi air putih setelah bangun tidur. Seperti yang kita ketahui, minum air putih yang cukup sangat diperlukan bagi tubuh, fungsinya tidak hanya untuk menghilangkan rasa haus, tetapi juga untuk menghilangkan racun dalam tubuh kita.

Anda bisa memasangkannya dengan irisan lemon yang akan menambah rasa sekaligus rasa segar. Agar lebih mudah dijangkau dan tidak lupa, Anda bisa menyiapkannya di kamar tidur. Tindakan sederhana ini akan membiasakan tubuh Anda untuk mendapatkan tubuh yang bugar di pagi hari dan mendapatkan tidur yang nyenyak.

Demikian informasi terupdate membahas cara memperbaiki jam tidur untuk mendapatkan tubuh yang bugar di pagi hari. Meskipun terdengar sederhana, metode dan tips ini juga efektif untuk meningkatkan kualitas tidur.

Kualitas tidur yang baik juga akan menunjang kesehatan tubuh yang baik, hal ini ditandai dengan perasaan fit di pagi hari. Kesehatan itu sangat mahal, bahkan tidak bisa dibayar dengan apa pun, tetapi dengan upaya kita untuk menjaga dan meningkatkan kualitas tidur, berolahraga secara teratur dan makan makanan yang sehat dan seimbang. Dengan cara ini kita bisa melakukan aktivitas apapun dengan produktif. Saya harap ini berguna.

0 Comments