Cara Menyimpan Postingan Foto dan Video di Koleksi Instagram

 Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling populer dan telah digunakan oleh berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Ada banyak fitur canggih di dalamnya. Salah satu yang sayang untuk dilewatkan adalah fitur penyimpanan dan pembuatan album koleksi Instagram. Lantas, bagaimana cara menyimpan postingan foto dan video ke koleksi Instagram dengan mudah?

Seperti yang kita ketahui di media sosial Instagram atau yang sering disebut ig, kita bisa dengan mudah berbagi foto dan video. Namun, kita juga bisa mendapatkan postingan foto dan video dalam bentuk informasi yang mungkin kita sukai. Misalnya, foto atau video lucu, karakter favorit, musik dan sebagainya di beranda Instagram atau melalui cerita Instagram.

Anda mungkin tertarik untuk menyimpan postingan foto atau video tersebut tanpa aplikasi dan Anda tidak perlu menyimpannya di galeri HP agar tidak memakan ruang penyimpanan di perangkat Anda. Nah, solusinya adalah dengan memanfaatkan fitur collection di Instagram untuk menyimpan postingan Instagram. Setelah menyimpannya, Anda dapat dengan mudah menemukan foto atau video Instagram tanpa harus mencarinya lagi. Menarik bukan?

Penasaran bagaimana? Simak beberapa tips dan trik Instagram dengan memanfaatkan beberapa fitur lanjutan di bawah ini sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami melihat.

Tidak bisa dipungkiri, ketika kita melihat berbagai postingan foto atau video di Instagram memang sangat menarik. Tidak heran, kami mungkin ingin menyimpannya dan kemudian dapat dengan mudah melihatnya lagi tanpa harus mencari posting. Nah, Instagram memenuhi kebutuhan penggunanya dengan menyediakan fitur koleksi album di Instagram.

Anda dapat menyimpan postingan dengan satu ketukan dan secara otomatis akan ada di koleksi album Anda. Bila ingin melihatnya, Anda tinggal membuka koleksi albumnya. Untuk lebih jelasnya langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama-tama, Anda dapat mencari posting foto dan video yang Anda sukai dan ingin disimpan di koleksi album Instagram Anda.
  • Setelah Anda menemukan postingan foto atau video Instagram yang Anda sukai, klik logo "Simpan" yang terletak di pojok kanan bawah postingan Instagram. Gambar logo yang disediakan seperti logo marker yang masih berwarna putih.
  • Saat Anda mengklik logo tersebut, foto atau video Instagram akan otomatis tersimpan di album koleksi Instagram yang ditandai dengan logo berubah menjadi hitam.
Setelah Anda berhasil menyimpan foto atau video Instagram yang Anda sukai, bagaimana Anda melihat kumpulan postingan yang telah kami tandai? Jadi, tutorialnya adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah masuk ke profil akun Instagram Anda
  • Kemudian, alihkan perhatian Anda ke simbol tiga titik di sudut kanan atas. Klik pada simbol.
  • Kemudian Anda akan melihat beberapa opsi, pilih opsi "Tersimpan"
  • Nah, menu ini akan menampilkan hasil kumpulan postingan foto dan video yang sebelumnya kamu tandai di beranda Instagram untuk disimpan.

Bagi Anda yang sangat menyukai banyak postingan dengan berbagai jenis, kini hadir pula fitur untuk mengelompokkan postingan yang Anda simpan. Dengan begitu, lain kali Anda akan lebih mudah menemukan postingan berdasarkan nama folder yang Anda buat. Selain itu juga terlihat rapi. Metodenya adalah sebagai berikut:
  • Pertama-tama, buka bagian "Disimpan" atau ke koleksi album di akun Instagram Anda seperti pada tutorial yang disebutkan di atas.
  • Kemudian, pilih tanda plus (+) yang biasanya terdapat di pojok kanan atas.
  • Kemudian pilih foto atau video Instagram yang ingin Anda masukkan ke dalam folder tertentu. Ketika Anda telah selesai membuat pilihan Anda, klik "Next".
  • Jangan lupa, jika Anda bisa memberi nama folder yang Anda buat dan juga memilih sampul folder Anda agar terlihat bagus. Setelah selesai, klik "Tambah".
  • Ulangi langkah ini ketika Anda ingin membuat folder baru sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara menghapus koleksi album

Jika Anda merasa tidak perlu lagi menyimpan postingan atau video Instagram yang Anda sukai, Anda bisa dengan mudah menghapusnya. Cara singkatnya seperti ini:
  • Langkah pertama, buka album atau folder "Tersimpan" di koleksi di Instagram Anda
  • Kemudian pilih simbol tiga titik di pojok kanan atas. Kemudian pilih "Klik Edit Koleksi"
  • Terakhir, di bagian ini Anda hanya perlu mengklik opsi "Klik Hapus Koleksi".
  • Untuk memastikan Anda benar-benar ingin menghapusnya, Instagram akan mengonfirmasi Anda sebagai notifikasi peringatan yang muncul. Cukup klik "Hapus", maka koleksi album akan otomatis terhapus.

Uraian di atas adalah sepenggal informasi yang mengulas tentang cara mudah menyimpan postingan foto dan video ke koleksi Instagram. Sekarang Anda dapat menemukan banyak foto dan video yang Anda sukai di Instagram dan menyimpannya tanpa harus mengunduhnya ke galeri Anda atau menggunakan alat lain di aplikasi.

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa menemukan berbagai cara lain yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda dapat mengunduh foto atau video Instagram di galeri HP secara langsung dengan aplikasi atau tanpa aplikasi. Jadi Anda juga bisa membagikannya langsung ke teman-teman di Instagram. Ada begitu banyak kemudahan dalam menggunakan media sosial yang terus diperbarui dengan fitur-fitur canggih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Saya harap ini berguna.


0 Comments