3 Negara Tetangga RI Mendeteksi Varian Omicron

kabaris.com - Varian Omicron Covid-19 yang pertama kali terdeteksi di Botswana, Afrika, sudah merambah ke berbagai negara. Bahkan, varian ini sudah terdeteksi sejumlah negara tetangga di Indonesia.

Penyebaran varian ini kini menjadi ancaman baru bagi dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan memasukkan varian Omicron ke dalam kategori varian kekhawatiran atau varian mengkhawatirkan.


Badan tersebut juga menyatakan bahwa varian Omicron memiliki tingkat penularan yang lebih tinggi dibandingkan varian lainnya dan dapat memicu reinfeksi atau reinfeksi Covid-19.


Berikut sejumlah negara tetangga Indonesia yang sudah mendeteksi varian Omicron minggu ini.


1. Malaysia

Malaysia mendeteksi kasus pertama Omicron pada Jumat (3/12). Menteri Kesehatan Malaysia, Khairy Jamaludin, mengatakan kasus pertama datang dari pendatang baru dari Afrika Selatan.


Migran itu tiba di Singapura pada 19 November, lapor Reuters.


Khairy mengatakan, sejauh ini ada delapan orang yang dipantau karena kontak dekat dengan pasien yang terpapar Omicron.


"Delapan orang kontak dekat dengan pasien Covid-19 varian Omicron yang akan menjalani tes PCR-swab hari ini," kata Khairy seperti dikutip The Straits Times.


2. Singapura

Sebelum Malaysia, Singapura lebih dulu mendeteksi dua kasus varian Omicron pada Kamis (2/12).

Kedua pasien yang terinfeksi varian tersebut dikatakan memiliki riwayat bepergian ke luar negeri.


Mereka berangkat dari Johannesburg, Afrika Selatan menggunakan pesawat Singapore Airlines pada Rabu (1/12).


Setibanya di Bandara Internasional Singapura, mereka menjalani tes swab PCR. Mereka kemudian menjalani karantina khusus di Home-Notice sambil menunggu hasilnya.


Kemudian pada Kamis (2/12) mereka terkonfirmasi positif Covid-19.


Kini kedua pasien tersebut dikabarkan dirawat di ruang isolasi National Center for Infectious Diseases (NCID) Singapura.


Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) segera melacak kontak orang-orang yang berada di pesawat yang sama dengan dua pasien tersebut.


"Sejauh ini tidak ada bukti penularan komunitas dari kasus ini," kata pernyataan Depkes.


3. Australia

Dua migran asal Afrika Selatan dinyatakan positif Covid-19 varian Omicron saat menjalani tes di Sydney, negara bagian New South Wales (NSW), Australia.


Mereka sempat transit di Singapura sebelum terbang ke New South Wales, Australia pada Sabtu (27/11).


Menteri Kesehatan Singapura mengatakan saat dites di Afrika Selatan sebelum keberangkatan, kedua pendatang itu dinyatakan negatif Covid-19.


Mereka berangkat ke Sydney pada Minggu (28/11). Kementerian Kesehatan New South Wales (NSW) mengatakan dua penumpang yang tiba di Sydney dari Afrika Selatan dengan Singapore Airlines SQ 211 telah diisolasi. Mereka, kata dia, juga sudah divaksinasi lengkap.


"Semua orang di maskapai dianggap kontak dekat dan perlu segera dites Covid-19 dan diisolasi selama 14 hari, terlepas dari status vaksinasi mereka," kata Kementerian Kesehatan NSW.


Kementerian Kesehatan NSW menghubungi semua penumpang dan awak pesawat untuk memberi tahu mereka tentang persyaratan isolasi.

0 Comments