7 Jenis Keju untuk Diet, Rendah Lemak dan Natrium

kabaris.com - Keju bisa menjadi makanan pilihan bagi mereka yang ingin diet. Ada beberapa jenis keju yang bisa dikonsumsi saat sedang diet.

Namun, tidak semua jenis keju bisa masuk dalam daftar menu diet. Sebut saja keju queso keju yang mengandung sodium tinggi dan sedikit protein.


Sebaliknya, keju jenis ini untuk diet ini cenderung rendah lemak dan sodium, namun tinggi mineral yang bermanfaat bagi tubuh.


Aneka Jenis Keju untuk Diet


1. Parmesan

Kalsium dan fosfor yang terkandung dalam keju parmesan bermanfaat untuk kesehatan tulang, mengutip Healthline. Tidak hanya itu, keju yang lebih keras seperti parmesan cenderung lebih rendah lemak dan lebih tinggi proteinnya (sekitar 9 gram per porsi).


Keju parmesan menua dengan mengurangi kandungan laktosa keju, menjadikannya pilihan yang baik untuk penderita gerd.


2. Mozarella

Keju ini adalah topping yang populer bagi pecinta kuliner. Biasanya disajikan di atas pizza, sandwich, omelet, bahkan salad dengan tambahan tomat dan basil serta sedikit minyak zaitun.


Mozzarella adalah jenis keju yang bisa dikonsumsi saat sedang diet. Keju bertekstur lembut ini mengandung lebih sedikit garam daripada keju yang lebih keras dan tua.


Keju ini rendah sodium, sekitar kurang dari 10 persen dari asupan sodium harian yang direkomendasikan.


Setiap 28 gram keju mozzarella mengandung 200 mg kalsium dan 8 gram protein. Kedua mineral ini sangat baik untuk pembentukan dan penguatan tulang.


3. Pondok

Meskipun keju cottage tidak memiliki kalsium setinggi keju lainnya, keju jenis ini tinggi protein. Keju ini menjadi pilihan bagi para vegetarian yang tidak mendapatkan protein dari sumber lain seperti daging.


Dilansir dari Insider, keju cottage rendah lemak sering dimasukkan dalam diet dan sehat untuk jantung Anda.


Plus, Anda dapat dengan mudah mencampur keju cottage ke dalam makanan lain untuk tambahan protein. Anda bahkan dapat mencampur keju ini menjadi smoothie, panekuk, dan muffin.


4. Keju

Proses pembuatan keju cheddar dilakukan secara alami. Ini bermanfaat bagi orang yang tidak sensitif terhadap laktosa seiring bertambahnya usia keju.


Setiap 28 gram keju cheddar mengandung 15 persen dari nilai kalsium harian.


5. Keju Swiss


Keju Swiss merupakan salah satu keju yang rendah sodium dan sodium. Dikutip dari Good House Keeping, setiap porsi keju Swiss mengandung 140 mg sodium.


Kandungan vitamin B12 dalam keju ini juga lebih tinggi dari keju lainnya yang bermanfaat untuk fungsi sel, otot, dan saraf secara keseluruhan.


Ini adalah pilihan terbaik untuk penderita hipertensi dan penyakit jantung.


6. Keju Kambing

Keju yang terbuat dari susu kambing lebih mudah dicerna oleh sebagian orang dibandingkan keju yang terbuat dari susu sapi.


Jenis keju ini lebih rendah laktosa dan mengandung kasein A2 yang sangat aman dikonsumsi bagi penderita GERD.


Anda bisa menambahkan keju kambing ke salad atau mengoleskannya di atas roti panggang dengan buah dan madu.


7. Keju Mete

Jenis keju ini bebas susu karena terbuat dari kacang mete. Keju ini aman dikonsumsi untuk orang yang tidak toleran laktosa atau memilih untuk menghindari produk hewani.


Keju ini populer karena konsistensi krim yang dihasilkan oleh kacang mete. Jenis keju untuk diet ini juga menyehatkan karena mengandung zat besi, potasium, dan serat yang melimpah.

0 Comments