Cara Mengatasi HP Android dan iPhone Sering Hang atau Error

kabaris.com - Pernahkah Anda mengalami ponsel Android atau iPhone yang sering crash atau tiba-tiba macet atau hang dan tidak dapat mengakses apa pun? Berikut cara mengatasi HP yang sering hang atau error secara tiba-tiba.



Seperti halnya komputer, smartphone atau ponsel pintar terkadang berhenti merespons secara tiba-tiba. Kesalahan aplikasi atau sistem operasi dapat membuat ponsel Anda tidak bekerja secara maksimal, serta koneksi internet yang lambat atau terputus.


Apa Penyebab HP tiba-tiba error?

Ada beberapa alasan mengapa iPhone, Android, atau ponsel cerdas lainnya dapat mogok, seolah-olah membeku dan macet dengan layar terus menyala. Penyebabnya mungkin prosesor yang lambat, memori yang tidak mencukupi atau kurangnya ruang penyimpanan.


Mungkin juga ada kesalahan atau masalah dengan perangkat lunak atau aplikasi tertentu. Seringkali, penyebabnya akan muncul dengan sendirinya dengan perbaikan yang tepat. Di sisi lain, masalah terurai tanpa mengungkapkan penyebabnya.


Cara Mengatasi Hp yang suka error dan 'hang'
Ikuti 8 langkah ini agar ponsel cerdas Anda berfungsi kembali dengan baik.


1. Reboot iPhone atau Android

Seperti kebanyakan perangkat elektronik, langkah pemecahan masalah pertama adalah mematikannya dan menghidupkannya kembali. Begitu juga dengan smartphone. Memulai ulang atau mem-boot ulang dapat menyelesaikan sejumlah masalah.


2. Perbarui iOS atau Android

Cacat dalam perangkat lunak sistem dapat menyebabkan masalah sporadis dan tidak terduga. Memperbarui ke versi iOS atau Android saat ini menyelesaikan masalah sistemik apa pun yang diidentifikasi oleh pengembang.


Caranya, buka aplikasi setting di hp kamu, tap System lalu Advance dan System Update di bagian bawah. Update status akan terlihat, ikuti langkah-langkah yang ditampilkan di layar, seperti dilansir situs Google.


3. Perbarui Aplikasi iOS atau Android

Bug dalam aplikasi dapat memengaruhi memori atau kinerja perangkat yang tersedia. Pengembang perangkat lunak terbaik memelihara perangkat lunak mereka dan menerbitkan pembaruan rutin.


Konfigurasikan iPhone Anda untuk secara otomatis memeriksa pembaruan aplikasi atau memperbarui aplikasi di ponsel pintar Android Anda.


4. Tutup paksa aplikasi iOS atau Android

Mengutip Life Wire, prosedur ini berfungsi ketika aplikasi macet dalam keadaan tidak dapat digunakan, lalu Anda mengetuknya dan aplikasi tidak terbuka atau tidak merespons. Sama seperti di komputer, menutup aplikasi secara paksa akan menghentikan aplikasi tersebut sehingga Anda dapat memulainya kembali.

Di iOS, Anda tidak perlu sering keluar dari aplikasi. iOS memperhatikan aplikasi mana yang harus dijalankan dan menghentikan aplikasi yang tidak memakan banyak sumber daya perangkat.


5. Kosongkan Ruang Penyimpanan

Gunakan pengelola penyimpanan untuk Android atau kosongkan ruang penyimpanan iPhone untuk iOS. Anda dapat melakukannya dengan menghapus aplikasi, foto, atau video.


Simpan video dan foto di tempat lain selain di ponsel cerdas Anda karena menghabiskan ruang penyimpanan paling banyak. Kurangnya ruang penyimpanan dapat menyebabkan ponsel berhenti sejenak atau tampak berhenti bekerja, sementara penyimpanan penuh (atau hampir penuh) dapat memperlambat perangkat.


6. Hapus aplikasi iOS atau Android yang bermasalah

Jika ponsel Anda sering mogok setelah Anda membuka aplikasi, hapus aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi mogok atau rawan macet.


7. Setel ulang iPhone atau Android

Jika Anda mencoba semua langkah di atas dan telepon masih macet, coba setel ulang atau setel ulang perangkat Anda. Setelah reset, lakukan proses penyiapan standar, seperti yang Anda lakukan saat pertama kali membelinya. Di iOS dan Android, Anda dapat memulihkan dari cadangan yang dibuat sebelumnya.


8. Bawa ke Layanan Pelanggan Resmi

Jika Anda telah mencoba semua langkah di atas dan ponsel Anda masih error, cari spesialis untuk mengetahui apakah ada masalah perangkat keras ke perangkat. Jika Anda memiliki iPhone, bawa perangkat ke toko Apple atau hubungi Dukungan Apple. Jika Anda memiliki perangkat Android, hubungi produsen ponsel atau hubungi operator Anda untuk perbaikan.



0 Comments