Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Langganan Indonesia banyak rusak di Final Piala AFF

Thursday, December 30, 2021 | December 30, 2021 WIB Last Updated 2021-12-30T04:38:35Z

kabaris.com - Timnas Indonesia kerap tampil di final Piala AFF, namun tak jarang mengalami kekalahan dengan kebobolan banyak gol di partai puncak kejuaraan sepak bola Asia Tenggara itu.

Harapan merebut gelar Piala AFF untuk pertama kalinya setelah gagal lima kali di final kemudian harus menemui realita kekalahan Timnas Indonesia dari Thailand di leg pertama final Piala AFF 2020.

Dua gol Chanathip Songkrasin dan masing-masing satu gol dari Supachok Sarachat dan Bodin Phala ke gawang Nadeo Argawinata benar-benar sesuai ekspektasi.

Namun, ini bukan kali pertama Timnas Indonesia menelan kekalahan telak di final Piala AFF. Saat pertama kali tampil di final ajang dua tahunan tahun 2000 silam, Timnas Indonesia langsung memetik pelajaran.

Saat pemain seperti Kurniawan Dwi Yulianto dan Hendro Kartiko masih berada di timnas Indonesia, Thailand menunjukkan kehebatannya dengan menang 4-1 di final yang masih dalam format satu pertandingan.

Setelah kalah adu penalti di final 2002 melawan Thailand, Indonesia kembali kalah dengan kebobolan cukup banyak gol di final 2004.

Skor agregat final 2004 saat bertemu Singapura menunjukkan angka 5-2. Indonesia kalah di leg pertama dan leg kedua. Di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Elie Aiboy dkk kalah 1-3. Sementara di National Stadium, Singapura, tim Merah Putih kembali kalah 1-2.

Di final 2010, Timnas Indonesia juga kebobolan tiga kali saat menjamu Malaysia di final leg pertama

Kekalahan 0-3 membuat kemenangan 2-1 di SUGBK tidak cukup untuk membalikkan keadaan bagi tim asuhan Alfred Riedl.

Sedangkan pengalaman terakhir lainnya, pada 2016, berakhir dengan kekalahan tipis. Setelah unggul 2-1 di leg pertama, Timnas Indonesia kalah 0-2 di leg kedua di Thailand.

×
Berita Terbaru Update