Omicron Bisa 'Menjinakkan' dengan Booster, Harga Minyak Melonjak

kabaris.com - Harga minyak dunia bergerak naik pada perdagangan pagi hari ini. Kenaikan harganya pun lumayan tajam, lebih dari 1%.




Pada Senin (13/12/2021) pukul 07:18 WIB, harga minyak jenis brent berada di US$ 75,92/barel. Naik 1,02% dari posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu.


Sementara yang jenis light sweet harganya US$ 72,55/barel. Bertambah 1,23%.

Harga minyak melanjutkan tren positif sejak pekan lalu. Sepanjang minggu kemarin, harga brent dan light sweet melonjak masng-masing sekitar 8%.


"Pelaku pasar merasa bullish terhadap prospek permintaan setelah keyakinan mereka sempat terpukul akibat virus corona varian omicron," sebut Phil Flynn, Analis Senior Price Futures Group, seperti dikutip dari Reuters.


Pekan lalu, datang kabar yang melegakan. BioNTech dan Pfizer mengumumkan bahwa varian omicron bisa dijinakkan dengan vaksin dosis ketiga (booster). Dua dosis sudah cukup untuk menjaga agar tidak terjadi gejala berat.


"Garis pertahanan pertama adalah dua dosis vaksin. Tiga dosis akan membuat tubuh terlindungi," tegas Ozlem Tuerci, Chief Medical Officer BioNTech, seperti diberitakan Reuters.


"Data baru dari Pfizer menunjukkan efektivitas melawan varian omicron. Mereka yang bisa dan belum mendapat booster, sebaiknya segera mendapatkannya hari ini," ucap Joseph 'Joe' Biden, Presiden Amerika Serikat (AS), juga diwartakan Reuters.


Perkembangan ini membuat investor berani memperkirakan aktivitas dan mobilitas masyarakat tidak akan terlampau dibatasi pada musim liburan akhir tahun. Mobilitas yang tinggi tentu membutuhkan energi, dan saat ini minyak masih menjadi sumber energi transportasi utama dunia.

0 Comments