Presiden Jokowi berkunjung ke Lumajang, melihat kondisi korban erupsi semeru

Kabaris.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan mengunjungi Kabupaten Lumajang, Jawa Timur hari ini. Jokowi akan menemui korban erupsi Gunung Semeru di sejumlah titik evakuasi. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan Jokowi akan menghabiskan hari itu di Lumajang. Rombongan presiden berangkat dari Jakarta pada pagi hari.



“Pak Presiden akan melakukan kunjungan kerja ke Lumajang untuk melihat langsung kondisi terkini pasca erupsi Semeru,” kata Heru dalam keterangan video, Senin (6/12). 


Beberapa lokasi yang akan dikunjungi Jokowi adalah kamp-kamp pengungsi yang didirikan BNPB, kepala daerah, TNI dan Polri. Ia juga akan mengunjungi dapur umum yang didirikan Kementerian Sosial. Mantan Wali Kota Solo itu juga akan datang ke rumah sakit di Lumajang. Jokowi ingin mengunjungi beberapa warga yang terkena langsung erupsi Semeru. 


“Selain itu, Presiden juga akan memberikan bantuan langsung dari beliau untuk para korban erupsi Semeru,” ujarnya. 


Gunung Semeru meletus pada Sabtu (4/12). Hingga Senin (6/12) sore, korban tewas akibat bencana tersebut mencapai 22 orang. Sebanyak 27 orang masih dinyatakan hilang. BNPB menyebutkan 5.205 orang di 8 kecamatan terkena dampak abu vulkanik. Sebanyak 2.004 di antaranya mengungsi di sejumlah titik di Kabupaten Lumajang.


0 Comments