Sah! Kemenhub Serahkan Aset Pelabuhan Patimban ke PT PPI


kabaris.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan telah melakukan serah terima pengelolaan aset Pelabuhan Patimban kepada PT Pelabuhan Patimban Internasional (PPI).

Hal itu ditandai dengan penandatanganan kesepakatan penggunaan barang milik negara melalui Kerjasama Penyediaan Infrastruktur (KSPI) untuk proyek KPBU Pelabuhan Patimban di Jakarta, Kamis (16/12/2021).

Penandatanganan dilakukan oleh Pj Dirjen Perhubungan Laut dengan Direktur Utama PT Pelabuhan Patimban Internasional, dilanjutkan dengan Berita Acara Serah Terima Aset KPBU Pelabuhan Patimban antara Kepala Otoritas Pelabuhan dengan Otoritas Pelabuhan Kelas II Patimban dengan Direktur Utama PT Pelabuhan Patimban Internasional.

Serta penandatanganan Berita Acara Tanggal Efektif KPBU antara Dirjen Perhubungan Laut dengan Dirut PT Pelabuhan Patimban.

Pj Dirjen Perhubungan Laut Arif Toha mengatakan, serah terima aset tersebut merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha Pelabuhan Patimban (KPBU) antara Kementerian Perhubungan selaku penanggung jawab dan PT Pelabuhan Patimban Internasional selaku penanggung jawab. badan usaha pelaksana yang ditandatangani pada Maret 2021.

“Hari ini akan menjadi tanggal bersejarah bagi kami karena pengelolaan Pelabuhan Patimban melalui skema KPBU telah resmi dilakukan oleh PT Pelabuhan Patimban Internasional sebagai Badan Usaha Pelabuhan yang telah memiliki izin usaha dalam pengelolaan Pelabuhan Patimban,” kata Arif. dalam keterangan resmi Kementerian, dikutip Jumat (Jumat). 17/12/2021).

Patimban merupakan salah satu pelabuhan utama yang dikelola oleh pihak swasta. Harapannya ke depan dapat meningkatkan efisiensi logistik.

Pengelolaan Pelabuhan Patimban akan dikerjasamakan untuk jangka waktu 40 tahun, dengan ruang lingkup antara lain penyediaan suprastruktur di Pelabuhan Patimban untuk kapasitas terminal peti kemas 3,75 juta TEUs dan terminal kendaraan kapasitas 600.000 CBU.

Hari ini, Pengelola Patimban akan mengoperasikan terminal mobil pertama. Selain itu, Ketua CT Corp Chairul Tanjung juga akan meninjau Pelabuhan Patimban.

0 Comments