Tabrakan Kapal Anglo-Denmark di Laut Baltik, 1 Tewas

kabaris.com - Tabrakan terjadi antara kapal kargo Inggris dan tongkang Denmark, di Laut Baltik, Senin (13/12/2021) dini hari waktu setempat. Setidaknya satu orang dilaporkan tewas sementara yang lain hilang.




Insiden itu terjadi di jalur air yang sibuk di lepas pantai Swedia. Scot Carrier 90 meter bertabrakan dengan tongkang Karin Hoj 55 meter, saat kabut menyelimuti daerah sekitar pulau Bornholm, pada 03:30.


Satu kapal dilaporkan terbalik. Sedangkan kapal lainnya telah ditarik ke perairan dangkal.


Badan maritim Denmark dan Swedia telah menerjunkan sembilan kapal dan sebuah helikopter untuk mencari di perairan itu. Penyelam juga dikerahkan untuk mencari korban.


Dalam update terbaru, saat ini dua tersangka ditahan. Satu orang Inggris dan satu orang Kroasia.


Mengutip CNN International, penyelidikan awal mengatakan mereka ditahan karena kelalaian besar dalam lalu lintas maritim. Itu mengemudi dalam keadaan mabuk.


"Sehingga menyebabkan kematian orang lain," bunyi siaran pers dari Kantor Kejaksaan Swedia.


Sementara itu, pemilik kapal Inggris, Scotline, menolak berkomentar atas kejadian ini. Sementara itu, direktur pelaksana Rederiet Hoj yang memiliki Karin Hoj, Soren Hoj, mengatakan kepada Reuters bahwa memang benar terjadi kecelakaan tetapi tidak memahami detail situasinya.


Data dari MarineTraffic.com menunjukkan bahwa Scot Carrier berangkat dari Salacgriva, Latvia, ke kota Montrose di Skotlandia. Sementara itu Karin Hoej sedang melakukan perjalanan ke kota Nykobing Falster, Denmark selatan.


Tabrakan jarang terjadi di perairan ini. Meskipun pada tahun 2006 sebuah kapal kecil Denmark tenggelam setelah bertabrakan dengan kapal Swedia, tidak ada korban jiwa.

0 Comments