Xi Jinping & Putin Will Talk "4 Eyes", Unite Against US?

kabaris.com - Presiden China Xi Jinping akan bertemu secara virtual dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu (15/12/2021). Kabar ini disampaikan Kementerian Luar Negeri China, Selasa (14/12/2021).




Kedua pemimpin terakhir bertemu melalui tautan video Juni lalu. Pertemuan itu terjadi saat ketegangan meningkat di perbatasan Ukraina, memicu perselisihan Rusia dengan AS dan sekutu NATO-nya serta safari politik oleh pejabat AS ke ASEAN untuk membendung hegemoni China.


"Kedua kepala negara akan memberikan tinjauan penuh tentang hubungan dan kerja sama China-Rusia di berbagai bidang tahun ini," kata juru bicara kementerian luar negeri China Wang Wenbin. Dia menambahkan, para pemimpin juga akan membuat desain untuk pengembangan hubungan bilateral tahun depan.


Sebelumnya Amerika Serikat (AS) dan para pemimpin G-7 lainnya mengeluarkan pernyataan yang mengecam pembangunan militer Rusia dan retorika agresif terhadap Ukraina. Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Inggris adalah bagian dari blok utama.


Meski bukan bagian dari G-7, China juga menjadi fokus diskusi kelompok tersebut pada pertemuan akhir pekan lalu, lapor Reuters, mengutip pejabat terkait. Tetapi kurang jelas apa posisi China di Ukraina.

0 Comments