Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi: Rivalitas Abadi

kabaris.com - Rekor terbaru yang ditorehkan salah satu dari dua legenda ini datang dalam bentuk lima gol Messi ke gawang Estonia saat bermain untuk timnas Argentina, Minggu lalu.

Gol di level klub

Tidak pernah duduk-duduk dan hanya menonton, Cristiano Ronaldo tidak melewatkan kesempatan untuk mencetak dua gol dalam kemenangan Portugal atas Swiss di Nations League.

Dengan dua golnya, pria Portugal itu sekarang memiliki 117 gol dalam 188 pertandingan internasional untuk tim nasionalnya, memperpanjang keunggulannya atas rekor sepanjang masa sebelumnya yang dipegang oleh pemain Iran Ali Daei, yang mencetak 109 gol untuk tim nasionalnya pada tahun 2021.

Gol per kompetisi

Kedua pemain mengakhiri kampanye dengan penghitungan gol terendah mereka dalam beberapa tahun. Dalam kasus Messi, dia mencetak 11 gol untuk Paris Saint-Germain, hasil terburuknya sejak musim 2005/06 ketika dia mencetak delapan gol.

Tidak mengherankan bahwa Leo telah mencetak lebih banyak gol (14) dengan Argentina daripada PSG tahun ini, pertama kalinya dia mencetak lebih banyak gol untuk tim nasionalnya daripada klub. Meskipun itu mungkin sedikit mengejutkan, Messi berhasil memberikan 15 assist untuk raksasa Prancis, yang agak menutupi hasil skornya yang buruk.

Adapun Cristiano, ia mencetak 24 gol, angka terendahnya sejak mencetak 23 gol pada 2006/07.

Masih dalam campuran

Sementara usia adalah bagian dari alasan angka skor rendah mereka, pindah ke klub baru kemungkinan juga memainkan faktor, karena PSG dan Manchester United sama-sama gagal memenuhi harapan.

Sementara PSG berhasil memenangkan gelar Ligue 1 lagi, tersingkir oleh Real Madrid di Liga Champions membuat tim Prancis gagal sekali lagi. Adapun Cristiano, United bahkan gagal lolos ke Liga Champions tahun depan setelah finis di urutan keenam di Liga Inggris, sementara mereka disingkirkan dari Eropa oleh Atletico Madrid.

Meski demikian, keduanya memiliki rekor gol yang sama di level klub. Messi memiliki 682 gol antara Barcelona dan PSG, sementara Cristiano Ronaldo memiliki 699 antara Sporting CP, Manchester United, Real Madrid dan Juventus.

Timbangan itu menguntungkan Ronaldo di level tim nasional, karena ia memiliki 19 gol lebih banyak, meskipun harus dicatat bahwa ia mencetak 40 goas lebih banyak dari titik penalti daripada Messi.

Dalam hal hasil skor dalam satu pertandingan, Ronaldo selalu unggul (dua banding satu) dalam hal lima pertandingan, meskipun Messi menyamakan jumlah itu dengan penampilannya baru-baru ini melawan Estonia.

Perbandingan yang tidak pernah berakhir

Dalam hal piala tim, Messi memegang keunggulan 40-34, dengan pemain PSG menambah resumenya dengan gelar Ligue 1 dan kemenangan Finalissima Argentina atas Italia.

Perbedaan dalam hal penghargaan individu bahkan lebih kecil, tetapi masih lebih disukai Messi (30 banding 26).

Kedua pria tidak diragukan lagi akan berusaha untuk menambah lemari mereka di Piala Dunia mendatang di Qatar dalam apa yang mungkin menjadi kesempatan terakhir mereka untuk membawa pulang perangkat keras utama untuk tim nasional masing-masing.



sumber : marca

0 Comments