Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Driver Epson L220 Full Version 2024

kabaris.com - Peran dari sebuah driver printer Epson L220 ini sangat berpengaruh sekali dalam mengkoneksikan antara perangkat oleh komputer/laptop. Sebab apabila tidak adanya driver, maka fungsi perangkat komputer/laptop ini tidak akan berfungsi atau mungkin tidak akan dapat beroperasi sebagaimana layaknya.

Jika diperhatikan dari sisi mutu serta ketahanannya, tentu Epson L220 ini sangat rekomendasi banget digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari, terlebih lagi kalau kamu seorang pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran maupun umkm dibidang percetakan. Kenapa printer yang satu ini sangat cocok buat kamu? Sebab tarif jual printer ini tergolong masih cukup terjangkau.

Selain itu, Epson versi ini telah banyak kalangan yang mengandalkan untuk kebutuhan mencetak dokument ataupun kebutuhan yang lainnya. Bahkan tidak ada lagi yang namanya masalah tinta bocor, karena printer ini didesain supaya benar-benar mengutamakan sebuah kepuasan pelanggannya.

Posisi tinta yang terletak dibagian luar tersebut type Epson berjulukan EcoTank. Soal kinerjanya tidak perlu diragukan lagi yaa, Epson L220 ini bisa mengproses print sebuah dokument berwarna hingga 6500an halaman dengan daya kecepatan kisaran 15.0 satuan Paper Per Minute (PPM). Tetapi apabila dokument berwarna hitam putih mampu tembus kecepatan 27.0 satuan Paper Per Minute (PPM) dengan jumlah sekitaran 4500an halaman.

Namun tetapi, desain yang sederhanan dan ringan, kinerja sangat stabil, serta tarif bersahabat tersebut wajib terkoneksi dengan perangkat komputer maupun laptop untuk memproses mencetak. Nah pada tahapan inilah peran program driver sangat penting, seperti inilah langkah-langkah menginstall driver printer Epson L220 tanpa pendukung CD yaitu memanfaatkan driver berlisensi original.

Download Driver Printer Epson L220 Terbaru
Download Driver Printer Epson L220 Latest Updated

Download Driver Printer Epson L220 Full Version Gratis

Silahkan kalian tentukan terlebih dahulu driver printer L220 64 bit / 32 bit Windows terbaru maupun seri dibawahnya. Driver printer ini merupakan software rilisan perusahaan printer itu sendiri bertujuan agar device computer maupun laptop kamu dapat terhubung dengan printer.

Selain berfungsi mencetak, Epson L220 ini juga mempunyai suatu fitur scanning maupun fotocopy loh, hal tersebut tentunya akan semakin menambah sebuah keunggulan pada printer seri ini. Berikut dibawah ini tutorial serta tahapan untuk menginstall driver printer Epson versi L220.

1. Cara Mengetahui Driver Printer yang Sudah Terinstall

Untuk melihat driver yang sudah terpasang ini perihal tidak wajib. Namun tetapi alangkah lebih baiknya kamu terapkan, terlebih jika diwaktu sebelumnya sudah pernah memasang driver untuk jenis yang serupa.

Pada keyboard tekan shortcut Windows + S >> ketik Device Manager >> Print Queues. Apabila ada file yang mungkin rusak, corrupt maupun penginstalan belum kelar maka bertandakan simbol tanda seru (!) yang berwana kuning >> pilih Uninstall Device.

2. Unduh Driver Printer Epson L220

Selain singkrons buat Windows dengan seri 64 bit, tentu tersedia juga pilihan driver printer Epson L220 32 bit. Nah unduh sesuai dengan seri OS Windows kalian yaa. Untuk melihat apakah komputer/laptop kamu menggunakan seri 32 bit atau 64 bit, bisa ikuti caranya : klik kanan pada My Computer (This PC) >> Properties.

Download Gratis Driver Epson L220 32 bit dan 64 bit full version melalui link dibawah ini :

Silahkan tunggu proses pengunduhan sampai selesai, sedangkan untuk file driver umumnya berjenis RAR/ZIP/EXE. Dengan tersedianya software driver official Epson tersebut, kamu tidak perlu lagi CD rom ataupun DVD RW dalam melakukan penginstalan driver printer ini.

3. Hidupkan Device Printer

Selanjutnya silahkan perhatikan dahulu apakah device printer Epson L220 ini normal dan telah berposisi dalam keadaan yang ready/stanby, maksudnya sedang tidak ada sebuah proses yang lagi berjalan pada printer tersebut. Driver tergolong sangat penting perannya buat Windows, terlebih lagi pada sistem operasi Windows 8, Windows 10 maupun Windows 11 terbaru.

4. Hubungkan USB 2.0 / Wifi ke Laptop/Computer

Printer Epson seri L220 ini menggunakan sistem kabel 2.0 dalam menghubungkan antara device printer ke laptop/komputer kamu. Tentunya sesuai dengan tarif yang terjangkau serta memiliki daya kinerja yang bagus, sehingga hal tersebut bukan menjadi masalah. Mari hubungkan antara printer ke device laptop/komputer melalui kabel USB 2.0 tersebut.

Namun tetapi, selain bisa menggunakan USB kamu juga dapat menghubungkan printer via wireless atau wifi yakni dengan cara mengkoneksikan kabel USB printer ke port USB router atau modem sehingga nantinya dapat diakses dengan perangkat komputer yang sudah terhubung kedalam jaringan tersebut.

5. Installasi

Langkah yang terakhir yakni proses penginstalan, silahkan buka folder download tempat tersimpannya file driver yang telah kamu download sebelumnya. Klik kanan pada filenya >> Extract Here sehingga file instalasi akan tampil pada folder tersebut.

  • Klik kanan >> Run as administrator atau bisa juga langsung double klik saja pada file driver.
  • Selanjutnya boleh dipilih boleh juga tidak, checklist pilihan Set as default printer andainya ingin dengan secara otomatis mengupdate terbaru driver jika adanya perilisan latest updated.
  • Berikutnya pilihan language, mari pilih bahasa yang ingin kamu pakai, sebut saja klik pada pilihan Bahasa Indonesia. Tetapi apabila tidak tersedia, maka pilih saja bahasa English United State.
  • Kemudian akan tampil halaman kebijakan privasi Epso Eula, checklist dialog box lalu klik agree. Seandainya kamu ada waktu yang cukup, boleh juga menyimak satu per satu ketentuan pada halaman tersebut.
  • Selanjutnya kamu tinggal menunggu proses instalasi driver sampai selesai. Nah pada tahapan ini merupakan langkah yang sangat penting, sehingga kamu perlu memastikan bahwa semua device baik itu printer serta komputer/laptop dalam kondisi yang normal aktif.

Seandainya ada program atau task berat yang dapat menimbulkan lebih banyak kinerja pada processor dan ruang penyimpanan device pc/laptop, maka langkah lebih baiknya untuk menutup program atau task tersebut dahulu. Prioritaskan pada tahapan proses instalasi driver printer agar tidak terjadi kerusakan file corrupt atau mengalami masalah gagal instalasi.


Cara Melihat Driver Printer Epson L220 Berhasil Terpasang

Setelah tahapan instalasi selesai, pilih OK. Sampai disini jika tidak ada muncul notifikasi sebuah peringatan apapun itu, maka sudah bisa dipastikan bahwa driver printer berhasil terinstall. Nah  kamu bisa menerapkan restart laptop/komputer dahulu agar driver akan berfungsi sesuai kegunaannya.

Restart Laptop maupun Komputer ini merupakan langkah tidak wajib, sebab sebagian tipe perangkat membutuhkan rebooting agar driver yang baru terpasang bisa aktif berfungsi. Perlu diketahui bahwa pemasangan driver printer ini berbeda dengan menginstall program aplikasi, meskipun opsional atau tidak wajib namun alangkah lebih baiknya tetap kamu terapkan.

Nah sebelum mulai mengoperasikan device printer, mari periksa dahulu apakah pemasangan driver benar-benar telah sukses dengan mengikut salah satu cara berikut ini sesudah melakukan restart.

1. Melalui Fitur Device Manager

  • Windows + S >> ketik Device Manager, apabila tanda seru berwarna kuning sudah tidak ada, maka itu menandakan bahwa driver printer Epson L220 telah sukses terpasang.

2. Melalui Fitur Control Panel

  • Windows + S >> ketik Control Panel >> Devices and Printers, seandainya printer Epson L220 ada tampil didalam daftar device, maka itu menandakan kalau driver printer telah tersedia.


Printer Epson Tidak Terdeteksi, Padahal Driver Telah Terinstall?

Dalam beberapa sebuah kasus, terdapat suatu alasan terkhusus mengapa device printer tidak terbaca padahal sudah terpasang driver printer. Hal tersebut dikarenakan oleh driver yang tidak sesuai dengan seri printer, file driver lama rusak atau corrupt, driver perlu diupdate, ada lebih dari satu driver dengan seri yang sama, bisa juga adanya masalah pada OS laptop atau komputer milik kamu.

Apabila driver tidak sesuai dengan device printer maupun file crash, kamu bisa menghapus driver sebelumnya kemudian menginstall menggunakan file yang sudah kamu download pada link unduhan yang tersedia diatas tadi. Tetapi jika driver perlu diupdate, maka kamu bisa menerapkan pembaharuan langsung melalui Device Manager ataupun menerapkan pemasangan ulang melalui pilihan Browse.

Namun tetapi seandainya masalahnya bersumber dari sistem operasi Windows, maka admin menganjurkan kamu perlu menginstal ulang OS. Perangkat PC atau laptop harus dalam kondisi prima, begitu juga printernya. Apabila salah satu yang bermasalah, maka akan berdampak pada printer tidak dapat terkoneksi dengan komputer/laptop sehingga tidak bisa menjalankan tugasnya.

Terakhir, seandainya semuanya sudah aman, maka kamu bisa mulai mencoba printer dengan menjalankan test print. Mari download driver printer Epson L220 ini sesuai dengan arsitektur sistem operasi Windows kamu yaa. Sekian pembahasan mengenai Download Driver Printer Epson L220 Gratis, semoga dapat membantu dan bermanfaat yaa, terimakasih sudah berkunjung.

Posting Komentar untuk "Download Driver Epson L220 Full Version 2024"